Target Tiap BUM Desa Miliki Satu Jenis Usaha

ilmiati_daud_sambutanBumdesindo.com (03/02), WANGI-WANGI – Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud bersama Ketua DPRD Wakatobi Ali Tembo hadir dan membuka langsung rapat koordinasi pembentukan lembaga paguyuban kepala desa se-Kabupaten Wakatobi, oleh tenaga ahli pemberdayaan masyarakat desa yang melibatkan seluruh kepala desa beserta para pendamping desa di Gedung Wanita Wangi-Wangi, Jumat (03/02/2017).

Dalam sambutannya Ilmiati Daud menargetkan setiap desa minimal memiliki satu jenis produk hasil karya dari alokasi anggaran dana desa (ADD) dan dana desa (DD) melalui badan usaha milik desa (BUMDes) yang dibentuk oleh tiap desa.

“Apabila hal ini mampu dilakukan oleh 75 desa di Wakatobi, maka tidak mungkin pembangunan desa dari sisi ekonomi akan terlihat jelas karena sebuah daerah itu dikatakan maju jika desanya juga maju,” kata Ilmiati, seperti yang dilansir laman zonasultra.com.

Ilmiati berharap ke depan Wakatobi bisa menjadi pilot project nasional pengelolaan ADD. “Namun ini hanya akan menjadi mimpi saya sendiri jika tidak ada dukungan dari seluruh masyarakat Wakatobi,” kata Ilmiati.

Kordinator Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa Munsir menjelaskan bahwa pembentukan paguyuban yang dilaksanakan hari ini telah didesain sedemikian rupa untuk mendukung program pemerintah dalam hal memajukan pembangunan Wakatobi pada garda terdepan. Lembaga ini juga diharapkan berperan aktif mencegah penyalahgunaan ADD/DD oleh para kepala desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *