Tahun Ini, Jabar Kembangkan 50 Desa Emas

dana desa –

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyampaikan sambutan pada pembukaan Virtual Musyawarah Perencanaan Pembangunan (v-musrenbang) di kantor Bappeda Jabar, Jl Ir H Djuanda, Kota Bandung, Selasa (12/4).

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyampaikan sambutan pada pembukaan Virtual Musyawarah Perencanaan Pembangunan (v-musrenbang) di kantor Bappeda Jabar, Jl Ir H Djuanda, Kota Bandung, Selasa (12/4).

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Achmad Syalaby

Dede Lukman Hakim

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG — Tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana  mengembangkan 50 desa yang tersebar di Jawa Barat menjadi desa emas. Salah satu desa yang dikembangkan adalah Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang.

‪Desa emas merupakan upaya Pemprov Jabar untuk mempersiapkan desa-desa di Jawa Barat agar memiliki daya saing. Desa, akan dilatih mulai dari kemandirian, entrepreuneur, keadilan, hingga berujung pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat desa.

‪Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengunjungi Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Kunjungan itu dilakukan untuk melihat secara langsung terkait kondisi desa tersebut. Dalam kunjungan tersebut, dilakukan juga dialog dengan warga setempat. Buruknya infrastruktur, seperti jalan menjadi keluhan para warga. Padahal Desa Mekarbuana memiliki banyak potensi ekonomi yang dapat dikembangkan.

‪Masyarakat di desa tersebut memaparkan potensi mereka mulai dari produksi kopi, pisang, hingga potensi wisata alam. Gunung Sanggabuana dan air terjun menjadi daya tarik wisata yang perlu terus untuk dikembangkan. Seperti Curug Santri, Curug Bandung, Curug Raray, Curug Panganten, Curug Kembar, Curug Cipanunda, dan Curug Cigentis. Namun, rusaknya akses jalan, terutama akses jalan sepanjang 6 kilo meter, dari Desa Kutamaneuh sampai Desa Medalwangi menjadi faktor belum optimalnya potensi itu dimanfaatkan.

‪”Itu (Desa Mekarbuana) potensi yang sangat luar biasa, itu perlu dikembangkan,” ujar Heryawan, Kamis (21/4). Menurut Heryawan, pihaknya akan mendorong membantu perekonomian masyarakat desa tersebut. Bahkan, Ia berjanji akan memerbaiki jalan yang rusak sepanjang 6 KM melalui APBD Provinsi Jabar.

‪”Nanti akan kita perbaiki jalannya, tahun 2017 akan kita anggarkan di provinsi,” katanya. ‪Menurut dia, pembangunan akses jalan di wilayah tersebut sangat penting untuk menunjang perekonomian masyarakat disana. Sehingga, masyarakat pun diharapkan bisa mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

‪”Apalagi itu potensinya sangat besar, kami harapkan dengan pembangunan infrastruktur jalan disana itu bisa mendorong kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *