Pemkab Tubaba Terapkan Pengelolaan Dana Desa Berbasis Sistem Informasi

 

Ilustrasi. (foto: http://degorontalo.co/)

Ilustrasi. (foto: http://degorontalo.co/)

Minggu, 10 April 2016 15:21
Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PANARAGAN – Mulai tahun ini, Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) mulai memberlakukan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA), dalam tata kelola keuangan desa.

Penerapan sistem tersebut sebagai upaya agar pengelolaan dana desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat (DD), dan alokasi dana desa (ADD) dari pemerintah daerah dapat semakin baik dan tertib.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Tiyuh/Kelurahan (BPMPT/K)  Tubaba Eri Budi Santosomengatakan, SIMDA untuk tata kelola keuangan desa memang belum sebuah keharusan.

Meski demikian, pemerintah daerah diberi kewenangan penuh untuk menjalankan, dan melaksanakan sistem pengelola keuangan.

“Tujuan dari pemberlakuan SIMDA agar pengelolaan keuangan desa semakin baik dan tertib,” ungkap Eri, Minggu (10/4/2016).

Meski begitu, Eri mengakui, pemberlakuan sistem tersebut dikeluhkan para aparatur tiyuh di Tubaba. Mengingat, mereka masih menggunakan sistem manual dalam pengelolaan keuangan desa.

“Kepala tiyuh saya rasa awalnya akan mengeluh dengan sistem ini, dan ini wajar karena sistemnya berubah signifikan dari sebelumnya. Namun, ini harus kami laksanakan demi ketertiban dan kebaikan dalam pengelolaan keuangan. Jadi tidak hanya pemda saja yang memang sudah melakukannya, namun pemerintahan desa juga akan mulai melaksanakan SIMDA ini,” terangnya.

Penulis: Endra Zulkarnain

Editor: Ridwan Hardiansyah

One comment on “Pemkab Tubaba Terapkan Pengelolaan Dana Desa Berbasis Sistem Informasi
  1. bumdesindo mengatakan:

    good

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *