Kemendes PDTT Kembangkan Pasar Kawasan untuk Atasi Permasalahan Masyarakat Pedesaan

dana desa

 

Ilustrasi Pasar Kawasan. Foto: Istimewa

Ilustrasi Pasar Kawasan. Foto: Istimewa

Jakarta, Beritaempat – Penyediaan pasar kawasan menjadi kegiatan lain di bidang ekonomi, selain Usaha Bersama Komunitas (UBK) serta BUMDesa bersama.

Hal tersebut yang dilakukan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan (Ditjen PKP) untuk meningkatkan kemampuan masyarakat desa.

“Penyediaan pasar kawasan ditempatkan pada lokasi yang berada di jalan provinsi atau jalan utama dengan luasan lahan minimal satu hektar dengan luas bangunan seluas 300 m2 berserta fasilitas jalan untuk tempat mobilisasi barang,” ujar Direktur Jenderal PKP, Johozua M. Yoltuwu, di kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Selasa (19/4).

Dijelaskan bahwa konsep yang akan dipakai adalah VIRA (Village Industrial and Rest Area), di mana akan terjadi transaksi produk lokal yang akan dibawa untuk konsumen daerah lain dan produk daerah lain untuk men-support kehidupan di desa.

“Pasar ini akan dikelola oleh BUMDes Bersama sebagai stimulan guna menarik investor untuk melakukan pengembangan bisnis di sekitar pasar kawasan pada lahan yang masih kosong, baik dari pihak swasta maupun BUMN melalui CSR-nya,” paparnya.

Johozhua menambahkan bahwa bangunan pasar kawasan perdesaan akan terdiri dari lapak pedagang, kantor pengelola pasar, gudang, warung kuliner, dan ruang galeri untuk memamerkan produk-produk unggulan di kawasan perdesaan setempat.

Serta, sambungnya, diharapkan kegiatan tersebut dapat mengatasi permasalahan-permasalahan seperti kemiskinan, pengangguran, ketimpangan pendapatan, dan pertumbuhan penduduk yang meningkat, dimana selama ini hal-hal tersebut merupakan masalah pembangunan yang bersumber dari stagnasi dan kemunduran kehidupan ekonomi masyarkat di daerah perdesaan. (Hengki Lumbantoruan)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *