Agenda

Bersama BBPLM Melakukan Pelatihan Pengembangan BUM Desa

di Kec Nyalindung Kab Sukabumi

IMG-20170128-WA0002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Asosiasi BUMDESINDO Diterima Ketua Komisi V DPR RI

 

Asosiasi BUMDESINDO diterima Ketua Komisi V DPR-RI

Asosiasi BUMDESINDO diterima Ketua Komisi V DPR-RI

Bumdesindo.com (24/05), Jakarta – Asosiasi Badan Usaha Milik Desa Se Indonesia (BUMDESINDO) diterima Ketua Komisi V DPR RI – yang membidangi Perhubungan, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Pembangunan Pedesaan dan Kawasan Tertinggal, Meteorologi,Klimatologi dan Geofisika, Fary Djemy Francis di ruang kerjanya di Nusantara I Senayan Jakarta, pada Tanggal 23 Mei 2016. Hadir dalam kesempatan itu Pengurus DPN Asosiasi BUMDESINDO yaitu Wakil Sekjen Samsul Hadi, M. Solihat (Ketua Bidang Hubungan Kerjasama Antar Lembaga), Akhmad Yani (Dewan Pengawas).

Pada kesempatan itu Pengurus DPN Asosiasi BUMDESINDO melaporkan perkembangan organisasi, dan program kerja yang menjadi skala prioritas saat ini.

Dalam laporan perkembangan organisasi, Wasekjen menjelaskan hingga saat ini pengurus DPW sudah terbentuk di 26 Provinsi dan 198 Kabupaten.

“Sudah sebagian besar pengurus DPW dan DPD melaporkan keberadaan Asosiasi  ke Kesbangpol di wilayah dan kabupatennya masing-masing” tegas Samsul Hadi.

Menurut M. Solihat saat ini (23/05) juga sedang berlangsung lokakarya sekaligus launching Sistem Aplikasi BUM Des C-Pay di Ungaran Jawa Tengah.

“BUM Des C-Pay adalah program unggulan yang dipunyai Asosiasi BUMDESINDO yang akan diterapkan ke semua BUM Desa yang ada di seluruh Indonesia, melalui jaringan DPD dan DPW yang tersebar dari Sabang sampai Merauke siatem aplikasi ini akan dengan cepat dapat diterapkan di semua wilayah dan kabupaten di seluruh Indonesia”  Ungkap Wasekjen Asosiasi BUMDESINDO.

BUMDes C-Pay, sebuah konsep bisnis yang diciptakan oleh Asosiasi BUMDESINDO diperuntukkan khusus untuk Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) di seluruh wilayah Indonesia, dengan basis Mobile Application. Dengan sistem C-Pay ini pengguna ponsel akan dimudahkan melakukan semua transaksi, juga bisa menjadi PPOB/Branchless Banking, serta mempermudah pengguna melakukan semua transaksi (pembayaran online, transfer dan belanja online).

 

Sistem aplikasi BUMDes C-Pay yang digagas oleh Asosiasi BUMDESINDO ini untuk pertama kali diuji coba di Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta, dan target dalam tahun ini akan diterapkan di semua BUM Desa di seluruh Indonesia terutama yang menjadi Anggota Asosiasi BUMDESINDO, sehingga dengan demikian akan terbentuk Business Partner (Community) BUMDes C-Pay dengan jumlah anggota yang besar dan sebarannya luas. Dengan menjadi anggota komunitas BUMDes C-Pay akan mendapatkan banyak keuntungan, antara lain :

  1. Mendapatkan kemudahan dalam semua transaksi baik transaksi banking maupun non banking.
  2. Dengan platform bank yang dimiliki BUMDes C-Pay, anggota komunitas hanya perlu membuka satu account bank untuk digunakan semua keperluan transaksi, apapun ragamnya.
  3. BUM Desa yang akan bergabung sudah pasti akan mendapatkan revenue sharing dari setiap transaksi.
  4. Jangkaun Pemberdayaan komunitas yang sangat luas, hingga ke pelosok desa terpencil sekalipun.
  5. PPOB (payment Point Online Bank) dengan konsep ponsel yang meminimalkan investasi.

“BUM Desa yang akan memanfaatkan sistem BUMDes C-Pay ini tentu harus menjadi anggota komunitas ini yaitu terlebih dahulu harus menjadi anggota Asosiasi BUMDESINDO, dan untuk menjadi anggota Asosiasi BUMDESINDO maka BUM Desa yang bersangkutan harus menghubungi pengurus DPD maupun DPW di wilayahnya masing-masing, atau dapat mendaftarkan melalui www.bumdesindo.com atau hubungi DPN di 081310259333” lanjut Samsul Hadi.

Dalam kesempatan itu, ketua komisi V DPR RI Fary Djemi Francis menyambut baik gagasan pembuatan  sistem aplikasi BUMDes C-Pay, beliau berharap agar program unggulan ini benar-benar efektif berjalan dan dirasakan manfaatnya bagi BUM Desa maupun masyarakat luas pada umumnya.

“Gagasan yang menarik ini harus disosialisasikan dengan baik kepada steak holder, terutama pemerintah daerah dan pelaku BUM Desa serta masyarakat yang menjadi anggota BUM Desa” pesannya.

Lebih jauh Fary juga menyampaikan beberapa hal yang menyangkut keberlangsungan organisasi yang berbasis masyarakat ini, BUMDESINDO harus benar-benar fokus dalam hal pemberdayaan masyarakat desa.

“Pesan saya yang pertama ; Maksimalkan kemampuan sistem aplikasi BUMDes C-Pay untuk berperan bagi kesejahteraan masyarakat desa, kedua ; Program yang baik ini harus digerakkan dengan benar, dipublikasikan dengan efektif dan baik, sehingga semua pihak merasakan keberadaannya juga manfaatnya, ketiga; terkait dengan hal kedua tadi, BUMDESINDO diharapkan segera  mengadakan mengundang khalayak untuk tahu lebih banyak tentang BUMDes C-Pay dan kami bisa menjadi fasilitatornya” ujarnya. (SHA)

 


 

 

Bumdesindo.com, DIY dan Jateng (05/16), Dipimpin oleh Ketua Umum DPN Asosiasi Badan Usaha Milik Desa Se Indonesia (BUMDESINDO) Pupun Purwana, rombongan menuju Jawa Tengah, dimulai dari Brebes, Pekalongan, Semarang, Klaten, Boyolali dsk, juga menyusuri DI Yogyakarta, acara yang dimaksudkan untuk melakukan sosialisasi dan sekaligus penerapan BUMDes – Comprehensive Payment atau disingkat BUMDes – C Pay system.

BUMDes – C Pay Merupakan konsep bisnis yang diproduksi oleh Asosiasi BUMDESINDO khusus untuk Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) seluruh Indonesia, yang berbasis Mobile Application, yang bertujuan :

  1. Menjadikan ponsel sebagai alat untuk melakukan berbagai macam transaksi melalui aplikasi BUMDes – C Pay.
  2. Menjadikan setiap pengguna Mobile Application BUMDes – C Pay menjadi PPOB (Payment Point Online Bank) / Branchless Banking.
  3. Mempermudah pengguna melakukan segala macam transaksi (pembayaran online,  transfer, dan belanja online).

Diharapkan sistem aplikasi ini menjadi salah satu peluang yang besar bagi BUM Desa untuk mendapatkan tambahan penghasilan, tanpa perlu modal yang besar.

Roadshow (Roadmap) yang berlangsung dari Tanggal 11 Mei 2016 hingga 21 Mei 2016 disambut baik oleh pelaku-pelaku BUM Desa dan aparat pemerintah setempat.

Giliran daerah lainnya akan menyusul. (SHA)

 

 

 


 

Rapat Koordinasi DPD Kab Cirebon, Kuningan dan Majalengka Provinsi Jawa Barat

 

Bertempat di Al-Ghiff Steak Jalan Tenda Barat-1 Kota Cirebon, Tanggal 11 Mei 2016 Jam 11.00 s.d 13.00 WIB, Pengurus DPD Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat mengadakan rapat koordinasi bersama Wasekjen DPN Bumdesindo – Samsul Hadi.

Gelaran Rapat yang cukup singkat itu dimaksudkan untuk mendapatkan laporan kelengkapan organisasi di ketiga daerah tsb, dan sekaligus sharing perkembangan asosiasi secara keseluruhan dan gambaran program dan langkah teknis untuk memulai aktivitas DPD.

Dalam kesempatan itu Wasekjen DPN Bumdesindo, menekankan pentingnya segera melengkapi pengurus DPD, melakukan audiensi dengan pejabat terkait di daerah, serta pendaftaran ke kesbangpol, selanjutnya lakukan sosialisasi “turun” ke desa untuk silaturrahim dengan aparat desa dan tokoh masyarakat setempat sekaligus mendata BUM Desa yang ada di desa tsb, atau mendapatkan data potensi desa terkait dengan keperluan pendirian BUM Desa jika di desa tsb belum ada.

Hadir dalam rapat koordinasi ini, Ketua Umum DPD Kab Cirebon – H. AHMAD MUNAJIM, MM dan Sekretaris  : Dr. ROHADIN, MM, Ketua Umum DPD Kab Kuningan :  IFFAN AHMAD GUFRON, M.Phil dan Sekretaris : AHMAD ABDUL KHOZIN, MA, M.Pd, serta Ketua Umum DPD Kab Majalengka : Dr. H. WAWAN SONJAYA, M.Pd.

(SHA)

 

 

 


Rapat Koordinasi DPW Sulawesi Tenggara

Ultah Ketua DPD Sultra dan Rapat Koordinasi IMG-20160427-WA0001

Memanfaatkan momentum perayaan ulang tahunnya yang bertepatan pada Hari Kartini – 21 April 2016, Meidy Katrin (Ketua DPW Sultra), mengadakan Rapat Koordinasi Bumdesindo Sultra, acara yang digelar di Warung Ku Resto and Cafe di kota Kendari nampak meriah. Walaupun suasananya menjadi suasana rapat, namun tidak mengurangi kemeriahan dan kekhidmatan suasana ulang tahun.

“Ini sengaja saya manfaatkan untuk segera melengkapi kepengurusan. Beberapa DPD yang belum lengkap dan saya minta kepada seluruh DPD untuk melengkapi alamat sekretariat lengkap dengan papan nama, dan Organisasi segera menggelinding”, tegas Meidy panggilan akrab Ketua DPW Sulawesi Tenggara.

 

 


Rapat Koordinasi DPD BUMDESINDO Kab Karawang Bersama Aparat Pemerintah Kab Karawang

Rapat DPD Karawang bersama aparat Kab Karawang

26 April 2016

Usup supriatna, Ketua DPD Asosiasi Badan Usaha Milik Desa Se Indonesia (BUMDESINDO) Kab Karawang beserta segenap jajaran pengurus, sedang menyelenggarakan rapat koordinasi bersama aparat pemerintah Kab Karawang Provinsi Jawa Barat, dalam rangka membangun dan mengembangkan potensi SDA dan SDM di Kab Karawang, khususnya dalam hal pengembangan ekonomi masyarakat desa melalui BUMDesa.

 

 


 

Menteri Desa PDTT Menerima Asosiasi Badan Usaha Milik Desa Se Indonesia (BUMDESINDO)

IMG_0044Slide1Slide1Slide1

Penulis :  Samsulhadi & Pupun Purwana

bumdesindo.com – Jakarta, 19 April 2016 ; 18.30, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Marwan Jafar didampingi Dirjen Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa Erani Yustika, dan Sekjen Kemendesa PDTT Anwar Sanusi, menerima kunjungan Pengurus DPN Asosiasi Badan Usaha Milik Desa Se Indonesia (BUMDESINDO), dipimpin oleh Ketua Umum Pupun Purwana, bersama tim al Sekjen Efrizal Syarief, Wasekjen Nanang Kusmardiyanto, Wasekjen Samsul Hadi, Wasekjen Asep Iskandar. Juga hadir Dewan Pengawas  Ahmad Yani, Ketua Bidang Hubungan Kerjasama Antar Lembaga M Solihat, serta tim IT Suryana dan Bagus.

Dalam kesempatan itu Ketua Umum BUMDESINDO memperkenalkan personel pengurus Asosiasi BUMDESINDO, sekaligus  memaparkan latar belakang berdirinya BUMDESINDO, maksud dan tujuan BUMDESINDO, perkembangan pengurus dan anggota, ruang lingkup program kerja BUMDESINDO,

Pada kesempatan itu pula, ketua umum dan sekjen BUMDESINDO, menyampaikan rencana Mukernas Pertama Asosiasi BUMDESINDO dan permohonan kesediaan Menteri Desa PDTT untuk meresmikan pencanangan Hari Kebangkitan Ekonomi Masyarakat Desa pada Tgl 20 Mei, pada momentum Hari Kebangkitan Nasional, dalam kerangka Gerakan Pembangunan Ekonomi Masyarakat Desa (Gerbang Emas Desa).

Menteri Desa PDTT Marwan Jafar menyambut baik dan mendukung atas hadirnya Asosiasi BUMDESINDO, yang merupakan bukti nyata dukungan dan partisipasi masyarakat terhadap program-program pemerintah dalam pemberdayaan sumber daya desa, Marwan mengakui keterlibatan masyarakat sipil dalam mengimplementasikan UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa sangat dibutuhkan, mengingat desa memiliki permasalahan yang sangat kompleks.
“Saat ini Kemendesa PDTT telah membentuk pokja masyarakat sipil, sebanyak 300 LSM dan NGO sudah bermitra dengan Kemendesa PDTT, yang merupakan bentuk dari sinergi pemberdayaan, setiap minggu kami melakukan dialog dengan mereka”.

Selanjutnya Menteri Marwan mempersilakan Asosiasi BUMDESINDO untuk mengambil peran dalam pemberdayaan masyarakat desa, dan sebagai langkah lebih lanjut silakan didetailkan dengan Sekjen dan Dirjen.

Sementara itu Dirjen Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa Erani Yustika, menyampaikan :
“Salah satu yang menjadi impian kami selama ini adalah penggagasan  lumbung ekonomi desa untuk dapat benar-benar terwujud : terutama gagasan dan kelembagaan…
Banyak sumber daya alam di desa yang saat ini tidak diimiliki oleh orang desa”

Menurut Erani peran Bumdesa harus fokus dalam tiga hal :
1. Pengelolaan sumber daya alam,
UU no 6 th 2014,  menjamin kewenangan lokal sebagai gerak langkah memaksimalkan peran Bumdesa.
2. Rantai logistik, memotong rantai distribusi yang selama ini panjang, untuk mengurangi biaya distribusi hasil produksi.
3. Proses nilai tambah
Di desa itu jangan hanya produk mentah yg dijual, tetapi harus juga dalam bentuk produk olahan, menurut Erani sumberdaya di desa harus dikapitalisasi.

Sementara itu Sekjen Kemendesa PDTT Anwar Sanusi menyampaikan bahwa perlu adanya dialog yang intensif antara pelaku penggerak desa dengan BUMDESINDO, sehingga saling mendukung dalam program peningkatan ekonomi masyarakat desa. (SHA&PP)


Agenda Ketua Umum Asosiasi BUMDESINDO 13 April 2016

Ketum bumdesindo bersama pengurus dpd bekasi

Menerima kunjungan Pengurus DPD BUMDESINDO Kab Bekasi Jawa Barat yang dipimpin oleh ketuanya Bpk Sarifudin, dalam kesempatan itu Ketua Umum BUMDESINDO Bpk Pupun Purwana sekaligus memberikan arahan dalam pengelolaan organisasi dan berdiskusi menggali potensi ekonomi kearifan lokal yang bisa dijadikan kekuatan pemberdayaan.

 


Ketua DPD Asosiasi BUMDESINDO Kampar bentuk BUMDesa.

Pembentukan BUMDesa Desa Batu Langkah Kecil

Pembentukan BUMDesa Desa Batu Langkah Kecil

12 April 2016.
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Bumdesindo Kab Kampar Riau Arman Muhammad yang juga Ketua Asosiasi Kepala Desa Riau, siang tadi bersama Kepala Desa Batu Langkah Kecil, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Batu Langkah Kecil sebagai upaya untuk menggairahkan bangkitnya perekonomian desa.
“Dengan berdirinya BUMDesa ini diharapkan perekonomian desa bisa bergairah dan bisa meningkatkan tarap hidup masyarakat desa” demikian ucap Arman…


Pertemuan DPW Asosiasi BUMDESINDO Prov Sultra Tgl 11 April 2016.

Untitled-1

Untitled-2

Untitled-3

 

Pertemuan DPW Asossiasi Badan Usaha Milik Desa Sulawesi Tenggara, disambut para Kepala Daerah, karena Visi Misi Asosiasi sejalan dengan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa yang merupakan amanat dari Undang-Undang No 6/2014 tentang Desa.

Target Bulan April ini harus terbentuk di 15 Kabupaten di Seluruh Provinsi Sulawesi Tenggara… ” Tegas Meidy Katrin (Ketua DPW Sultra).

 

 

 


 

Agenda Ketum dan Pengurus DPN 07 Apil 2016 :

Penjajakan Kerjasama antara Asosiasi BUMDESINDO bersama Bank Mandiri, di Plaza Mandiri Jakarta..

dari kiri ke kanan : VP Transaction Banking Bank Mandiri Tico Usthavia Frans, Ketua Umum Asosiasi BUMDESINDO Pupun Purwana, Wasekjen Asep Iskandar dan Komisaris Bank Mandiri Abdul Aziz

Dari kiri ke kanan : VP Transaction Banking Bank Mandiri Rico Usthavia Frans, Ketua Umum Asosiasi BUMDESINDO Pupun Purwana, Wasekjen Asep Iskandar dan Komisaris Bank Mandiri Abdul Aziz

bank-mandiri

 

—————————————————————————————————————————————————

 

Pertemuan Ketua DPN BUMDESINDO Bersama DPW Sumsel dan DPD Se Sumsel

7376_262012094139723_2539375263300524637_n12472632_262012050806394_6074957990122360563_n12671865_262011954139737_5074433326343199008_o12891631_262011987473067_3884343121044017838_o

Pada Tanggal 03 April 2016 pukul 10.00-12.00 WIB, bertempat di Kota Palembang – Sumsel, Ketua DPN Asosiasi Bumdes se Indonesia Bapak Pupun Purwana mengadakan silaturahmi dengan pengurus DPW Sumsel dan DPD se Sumsel. Acara ini berlangsung hangat dan penuh keakraban, serta banyak melahirkan gagasan untuk membangun dan mengembangkan Bumdes di bumi Sriwijaya ke depan nya. Semoga acara yang sama dapat diadakan juga ke wilayah lainnya di seluruh nusantara.